Sunday 23 November 2014

Wanita Adalah Perhiasan



Allah  Tidak memperumpamakan wanita sebagai bunga yang mudah layu, rapuh dihinggapi aneka kumbang dan dihisap madunya. Akan tetapi Allah swt     memperumpamakan wanita sebagai perhiasan yang indah bak mutiara yang tersimpan dimuliakan.

“dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita yang solihah” (HR Muslim 1467)

Wanita adalah perhiasan, seluruh tubuhnya adalah perhiasan apalagi wajahnya adalah perhiasan yang paling pertama membuat seseorang jatuh hatinya sebelum mengenal isi hatinya. Oleh karena itulah hukum asal wanita secara fiqh adalah dirumah kecuali ada keperluan yang mendesak dan ada urusan yang tidak mungkin dilakukan dirumah.

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu] dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya”. (QS: 33:33)

Oleh karena itu pula kaum muslimah harus memahami bahwa hijab itu bagi wanita berfungsi menggantikan fungsi rumah yang menjaga dan menutupinya dari apa-apa yang seharusnya tidak tampak menurut hukum penciptanya, Rabbnya. Allah swt menginginkan wanita memakai hijab agar terjaga kemuliaannya dan terhormat, selain dikenali sebagai wanita baik-baik.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS: 33:59)

Demikianlah sebaik-baik wanita adalah yang paling taat dan patuh pada Rabbnya sebagaimana sebaik-baik pria adalah yang paling taat pada Rabnya. Apabila wanita adalah perhiasan, maka perhiasan bagi pria adalah kekuatan dalam menjaga dan menahan pandangannya.

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya…” (Q:24:30-31).


Jadi, bukan hanya wanita yang Allah jadikan sebagai perhiasan, untuk laki-laki dan wanita memiliki perintah yang sama, perhiasan bagi laki-laki yang membuatnya indah adalah ketaatannya dalam menjaga dan menahan pandangannya. Masing-masing diwajibkan menjaga kesuciannya dan masing-masing saling menjaga saudaranya :), betapa indahnya.....

No comments:

Post a Comment