Thursday 10 October 2013

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan


Banyak aktifitas tapi sering merasa letih, lelah dan mudah capek ? pasti rasanya tidak enak apalagi kalau sering terjadi, selain tidak enak juga terganggu dan rutinitas menjadi tidak optimal. Nah cobain resep yang  sangat mudah ini, jamu kunyit bahannya bisa ambil dari dapur dan membuatnya pun tidak sulit.

Sebagaimana yang kita ketahui kunyit (curcuma domestica vahl) telah digunakan oleh leluhur kita sebagai obat tradisional dan pengobatan timur. Rasanya sedikit pahit bercampur pedas berbau khas aromatic, berwarna kuning dan tidak beracun. Bersifat dingin (umbinya) dan bersifat hangat (rimpangnya). Berfungsi menguatkan limpa, membersihkan darah, haid berlebihan atau permasalahan haid lainnya, mimisan. Selain itu kunyit berfungsi mengendalikan rutubah (sari pati makanan), memperlancar buang air besar (BAB) dan air kecil (BAK). Mengobati limpa baik yang dipengaruhi oleh angin dari luar maupun dari dalam seperti cemas, gelisah, menahan rindu sehingga melukai jantung.

Rimpangnya membuat semangat dan segar, menghilangkan letih dan lesu, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menekan batuk serta anti kejang dan step. Menghilangkan anyang-anyangan, anemia, bau badan, membersihkan perut, borok, demam sehabis melahirkan, diare, mencret, encok, eksim dan gatal-gatal. Mengatasi keputihan, mengeluarkan gas, mag nyeri dada, flu dan masih banyak khasiat kunyit lainnya, masing-masing memiliki ramuan sendiri-sendiri dan adakalanya dipadu padan dengan herbal lainnya.

Kali ini penulis ingin berbagi resep mengatasi keletihan, lesu bahkan ramuan ini bisa untuk mengatasi mual dan sakit kepala.
Bahannya mudah : 1 jari kunyit + 1 jari kencur + 1 ruas jari jahe
Semua bahan dihaluskan, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Diminum 2x, hangat-hangat 1 gelas saat bangun tidur dan 1 gelas sebelum tidur. Untuk yang sakit kepala bisa diminum pada saat terasa sakit.

Berarti apabila anggota keluarga ada 4 orang dan ingin sehat semua berarti jumlah kunyit dan bahan lainnya di kalikan 4 jumlahnya.

Nah ini dia, jamu kunyit yang sehat dan menyegarkan:


Penulis sudah mencoba, dalam 3 hari badan terasa segar dan ringan, dalam 7 hari kulit lebih sehat dan cerah. Untuk hasil kesehatan yang lebih optimal selain meminum ramuan ini, perhatikan juga makanan-makanan apa saja yang bisa menguras esensial tubuh, seperti makanan pabrikasi dan olahan lainnya. Makanan yang sederhana meringankan kerja jantung dan lambung. Perhatikan juga emosi karena keadaan dari dalam tubuh (fikiran dan perasaan) juga akan mempengaruhi kesehatan kita.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat


Sebelumnya:

Dosa Itu Menghapus Kesempurnaan

No comments:

Post a Comment