Thursday 10 October 2013

Simple Strawberry Smoothies


Sebenarnya apa sih bedanya jus dengan smoothie? Juice berasal dari kata juice yang berarti ekstrak murni dari buah ataupun sayuran, yang biasanya dipisah antara ekstrak cairan dengan ampasnya.

Sedangkan smoothie berarti halus atau dihaluskan, lembut yang berbahan baku buah- buahan ataupun sayuran, susu tawar atau yoghurt dengan penambahan gula dan es. Tekstur smoothie lebih pekat dibandingkan jus, sering ditambahkan taburan bubuk coklat, meses potongan buah ataupun potongan agar-agar diatasnya. Smoothie beda lagi dengan milkshake (walaupun agak mirip cara membuatnya) dan beda lagi dengan lassi minuman khas Pakistan yang kerap ditambah yoghurt, bubuk kayu manis, bubuk pala dan bubuk pala.

Untuk manfaat yang lebih optimal buat kesehatan boleh mengganti gula pasir dengan madu, mengganti susu dengan yoghurt.

Ada resep smoothie sehat untuk mengatasi masuk angin, lemah letih dan lesu. Bahannya adalah 15 butir anggur + 8 buah strwaberry + 1 jari jahe+ 200 ml yoghurt, blender semua bahan lalu di tambah madu, minum pagi dan sore hari 2 kali sehari. Penulis sudah mencoba rasanya enak sekali dengan rasa jahe yang khas, baik untuk anak-anak juga.

Dan ini adalah resep smoothie yang paling disukai anak-anak : smoothie strawberry. Bahannya sangat mudah, untuk 2 gelas tambahkan 1 buah pisang ambon + sekitar 7 buah strawberry + yoghurt sesuai selera dan sedikit air campur kesemua bahan dan proses. Rasanya sangat segar walaupun tanpa gula atau bahkan tanpa yoghurt (hanya strawberry dan pisang saja).

Ini dia smoothie strawberry………!

Catatan: Memang mengajak anak-anak mengurangi mengkonsumsi gula agak sulit karena anak-anak cenderung menyukai makanan yang manis-manis, namun bila terus dicoba resep-resep yang sehat lambat laun anak-anak akan terbiasa dengan rasa manis alami. Menyederhanakan rasa/taste juga membuat lidah menjadi lebih peka. Sedikit contoh anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji atau restaurant food yang kaya rasa (MSG) akan membuat anak sulit doyan makan terutama anak-anak 2 tahun-3 tahun atau balita, karena lidah sudah terbiasa dengan makanan yang ber- taste tajam (gurih) dan kuat (kita pun sama akan demikian), akibatnya kita merasa bosan dengan masakan rumah dan rindu makanan yang ber-taste kuat dan tajam. Nah buat teman-teman yang solih dan solihat yuk kita memulai kuliner sehat ala ibu, enak, sehat, praktis murah dan bergizi. Selamat mencoba semoga bermanfaat.


Sebelumnya:

Saat Terindah


No comments:

Post a Comment