Tuesday 9 September 2014

Bertambah dan Berkurangnya Iman



Al-Imam asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan:

الإِيمانُ قولٌ وعمل ، يزيدُ وينقص ، يزيدُ بالطاعة وينقص بالمعصية ، ثم تلا : { وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا
"Iman adalah ucapan dan perbuatan, bisa bertambah dan berkurang. Bertambah karena ketaatan dan berkurang karena kemaksiatan"

Kemudian beliau membaca ayat:
وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا
“..dan supaya orang yang beriman bertambah imannya…” (QS 74: 31)

Agar kita semua senantiasa menambah keimanan kita dengan memasukkan pengaruh iman melalui para sahabat, dengan mentadaburi Al quran dan sunah, dan merasakan getaran ruh para ulama berabad-abad yang lalu dengan membaca kitab-kitabnya. Karena, mana mungkin bisa kita memiliki getaran iman tanpa ada upaya dan kesungguhan mencintainya.

Bila nasihat terasa hambar, hαti mulai lesu, nasihat tidak lagi menggetarkan, maka bersegeralah beramal jangan berlama-lama, direnung-renung dikeluhkesahkan atau malas uring-uringan menyesalii diri Чαng semakin bertambah. Segeralah mengajak hαti untuk bangkit dan gerakkan tubuh untuk memulainya, ambil wudhu, shalat sunah, bacalah Quran atau amalan apa saja Чαng termudah dengan berzikir dimana saja, mulailah dijaga, dipelihara, ϑαn semakin ditambah sedikit-sedikit ilmu dan αmαlαn lainnya, mudah-mudahan sebagaimana imam syafii berkata bahwa, IMĂŅ itu akan bertambah (seiring) dengαn ketaatan, maka semoga dengan menyegerakan amal soleh iman kitapun semakin bertambah seiring ketaatan yang kita upayakan, amin ya robbal ‘alamiin.

(#Saling mengingatkan, baru syawal smg IMĂŅ kita tidak luntur karena kesibukan)


sebelumnya:

Katup Hati
Kekuatan

No comments:

Post a Comment