Friday 15 May 2015

Manfaat Kulit Manggis




Ini adalah bagian dari upaya mengaplikasikan agar teori menjadi  ilmu yang bermanfaat, dari yang awalnya hanya mendengar, dapat broad cast hingga penasaran mencari tahu, membaca bukunya sampai bertanya pada salah seorang ahli farmasi UI tentang bolehkah mencampur kulit manggis dengan bahan herbal lainnya untuk mensiasati rasanya supaya tidak terlalu sepat.

Alhamdulillah akhirnya dapat formula yang pas dan cocok dilidah juga buat anak-anak remaja, sekarang jadi minuman tambahan sehari-hari yang terkadang ditambah jahe dan air rebusannya bisa dijadikan air seduhan teh, tinggal ditambahkan pemanis sesuai selera, madu, gula batu atau tanpa gula semuanya nikmat.

Kandungan xanthone pada kulit manggis ini yang menjadi penemuan yang luar biasa, bisa di browsing infonya banyak sekali, diantaranya menurut  Dr Indah Yuliasih, peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor,  "Kulit bagian dalam manggis itu mengandung Xanthone yang merupakan senyawa bioaktif yang mempunyai struktur cincin enam karbon dengan kerangka karbon lengkap. Turunan Xanthone berupa a-mangostin merupakan komponen yang paling banyak terdapat pada kulit manggis”.

Xanthone merupakan bahan aktif yang bersifat antikanker dan antioksidan yang sangat tinggi bahkan beberapa kali lipat melebihi kekuatan vitamin C dan E. Xanthone juga mampu menghambat proses “penuaan”. Nah ini yang terpenting buat ibu-ibu yang ingin mendapatkan anti aging alami selain manfaat-manfaat lainnya seperti:


Anti Oksidan (menangkal radikal bebas)

Anti Virus ( membantu menyembuhkan infeksi karena Virus)

Anti Jamur ( membantu menanggulangi Infeksi karena Jamur)
Anti Lipidemik ( menurunkan kadar lemak dalam darah)
Mengobati dan mencegah Kanker
Mengobati penyakit jantung
Mengobati diabetes ( menurunkan kadar gula dalam darah)
Membantu mengobati kista rahim
Membantu mengobati Darah tinggi
Membantu sistem pencernaan
Mencegah Asteoporosis
Mengatasi penyumbatan dalam darah(www.makanansehat.web.id)

Langsung saja berikut cara mengolah kulit manggis yang nikmat:

pertama belah buah manggis lalu kerok bagian dalamnya

Kemudian kulit manggis yang sudah dikerok dijemur diangin-anginkan hingga tidak lembab agar tidak berjamur. Bagi yang ingin dijus langsung juga bisa, direndam dulu sesaat agar hilang getahnya, lalu diblender, lalu direbus sebentar, bisa disimpan sampai 3 hari. Tapi saya lebih memilih dikeringkan agar lebih awet dan bisa kapan saja digunakan.

kulit manggis yang dikeringkan bisa digunting kecil-kecil terlebih dahulu


Setelah kering disimpan di jar yang kering disimpan ditempat yang tidak lembab.


Bisa digunakan sewaktu-waktu atau konsumsi sehari-hari. Untuk merebus bisa dicampur dengan kayu manis dan jahe, bisa ditambah daun jeruk yang dipotong bagian tengahnya, bisa juga airnya buat seduhan teh disore hari. Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment