Tuesday 2 June 2015

Sebuah catatan

Bila umurmu sudah banyak (tua),sedangkan engkau ingin berubah menjadi baik, sementara waktu  hanya sedikit, maka prioritaskanlah dirimu pada ilmu yang bermanfaat. Sebaik-baik ilmu adalah ilmu agama, dan sebaik-baik ilmu agama adalah ilmu tauhid, karena disanalah semua ajaran agama dan iman itu ditujukan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika ingin berdakwah. Beliau bersabda kepada Muadz yang diutus ke Yaman,

 إنك تأتي قوما من أهل الكتاب، فليكن أول ما تدعوهم إليه شهادة أن لا إله إلا الله ” – وفي روايةإلى أن يوحدوا الله

“Sesungguhnya engkau akan mendatangi kaum Ahli kitab maka hendaklah dakwah yang pertama kali engkau sampaikan kepada mereka adalah syahadat Laa ila Illallah , dalam riwayat yang lain: supaya mereka mentauhidkan Allah”. (Muttafaqun ‘alaih)

Note: belajar tentang tauhid sebelum ilmu yang lainnya, ibarat membangun sebuah bangunan dengan pondasi yang kokoh, karena berpijak pada kekuatan ikatan cinta kepada Allah swt semata. Banyak belajar ilmu agama, mengerti banyak hal, namun pondasinya rapuh, maka ibarat bangunan yang mudah goyah ketika tertimpa badai ujian cobaan dan godaan. Adakalanya, kita sudah memahami bahwa Allah itu Maha melihatpun, kadang manusia suka khilaf dan sadar sedang melakukan kesalahan yang hati nuraninya mengatakan, "ini salah, seharusnya aku tidak lakukan". Apalagi bila kita tidak faham.

1 comment:

  1. Colossus Iron Belt - Titanium Arpels | Titanium Arpels - iTanium
    T-Titanium Iron Belt. T-Titanium Arpels. T-Titanium Arpels. T-Titanium Arpels. T-Titanium Arpels. T-Titanium Arpels. titanium earrings T-Titanium titanium bikes Arpels. T-Titanium titanium nose hoop Arpels. titanium quartz crystal T-Titanium Arpels. T-Titanium titanium scrap price Arpels. T-Titanium Arpels.

    ReplyDelete