Sunday 22 September 2013

Teh Bunga Kamboja Kuning




Biasanya orang pasti terkejut ketika pertama kali mendengarnya, apakah bisa bunga kamboja dijadikan teh?. jawabannya bisa, inilah salah satu karunia Allah yang tersembunyi dan baru tersingkap. Kekayaan alami yang sangat mudah didapat baik dari sisi menanamnya dan proses membuatnya. Yang tak kalah mengejutkan adalah kandungan khasiatnya yang ternyata kaya manfaat. Tanaman kamboja ternyata banyak mengandung senyawa kimia yang sangat bermanfaat untuk kesehatan baik dari bunganya, kulit batang, daun dan getahnya bisa dibuat untuk obat. Getahnya mengandung damar dan asam plumeria. Sementara akar dan daunnya mengandung saponin, polifenol, alkaloid dan fenetilalkohol. Tanaman kamboja juga mengandung senyawa fulvoplumierin yang bermanfaat untuk radang saluran pernafasan, TBC, mengambat disentri dan hepatitis. Dan bunganya juga bisa dimanfaatkan diolah seperti bunga pepaya ataupun dijadikan salad.

Khasiat lain dari bunga kamboja adalah antara lain untuk meredakan demam, melancarkan air seni, menghentikan diare dan batuk. Begitu juga dengan teh bunga kamboja sangat berkhasiat memberikan efek sejuk untuk pencernaan baik bila diminum rutin.

Caranya sangat mudah, keringkan bunga kamboja dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Setelah kering bilas dengan air matang dan seduh dengan air mendidih seperti dibawah ini


Untuk hasil maksimal gunakan madu sebagai pengganti gula, karena sebagaimana kita ketahui gula pasir akan mengurangi manfaat bila dicampur kedalam herbal, bisa ditambahkan irisan potongan jahe untuk penghangat dan mengatasi sakit kepala ataupun lelah. Nah selamat mencoba kini teh herbal organic yang sehat bisa mudah kita dapatkan.

No comments:

Post a Comment